Rabu, 03 Januari 2018

instalasi linux centos 5.5

untuk ulasan kali ini saya akan mebagikan trik mudah untuk  melalukan pengistalan dari linux centos 5.5.berikut adalah ulasannya.

1.  Langkah pertama adalah, masuk ke bios PC dan setting boot sequence menjadi CD/DVD ROM boot sequence pertama, atau bila ada option untuk boot dari media lain (spt F10 pada board intel, Kunci ESC/F8 pada board asus ) itu lebih baik. Setelah Boot Sequence dari PC sudah di set, tampilan pertama dari Centos akan tampah spt gambar berikut :

Tekan Enter untuk melakukan proses installasi berbasis Grafis (GUI=graphical User Interface), atau ketik linux text dan tekan ENTER untuk masuk proses instalasi berbasis text (CLI=Command Line Interface). Cara yang saya pakai kali ini adalah berbasis GUI

2. Selanjutnya akan muncul proses inisialisasi/proses pengenalan perangkat keras yang ada dalam komputer yang akan kita gunakan dalam menginstall Centos 5.5.
Inisialisasi Hardware
3. Langkah berikutnya, system instalasi menampilkan pertanyaan apakah CD/DVD yang digunakan di test atau tidak, test ini berguna untuk meyakinkan bahwa CD/DVD yang kita gunakan dapat berfungsi dengan, bila CD/DVD yang kita gunakan tidak baik atau proses testnya FAIL CD/DVD tersebut tidak dapat digunakan untuk melanjutkan proses selanjutnya, jadi sebaiknya diikuti saja, agar tidak terjadi kesalahan di ujung atau ditengah-tengah proses installasi yang akhirnya akan membuang buang waktu.
Media CD/DVD dalam proses test
4. Setelah proses test selesai, langkah berikutnya , welcome screen dari centos
Welcome Screen Centos 5.5
5. Pemilihan jenis keyboard yang akan digunakan, proses instalasi ini menggunakan Keyboard US?English
Pemilihan jenis keyboard
6.  Penentuan media dan jenis partisi yang akan digunakan dalam proses instalasi, secara default Centos akan membuat 2 partisi yaitu  /root dan /swap bila kita langsung click next pada menu spt gambar berikut.
Partisi yang default yang akan digunakan Linux
7. Untuk proses instalasi kali saya , saya menggunakan pembuatan partisi sendiri/click Create  Custom Layout
Custom Lay out
8. Akan muncul menu berikut (saya menggunakan hard disk virtual sebesar 8 gb dengan menggunakan program Vmaware), cara instalasi vware dan kegunaannya akan di bahas di artikel yang lain.
Custom partition
9. Scema partisi yang akan dibuat / = 5gb /swap=2GB ( rumusan swap ini adalah 2 X memory yg digunakan dalam hal ini memory yang saya gunakan 1GB jadi partisi /swap =2GB, dan partisi /home = sisa dari isi hard disk yg kita gunakan
Partisi / root

partisi /swap

Partisi /home
10. Schema partisi yang sudah di buat akan tampak spt ini, click next
Schema Partisi
11. Configurasi GRUB LOADER, click Next ..
Grub Loader
12. Configurasi LAN yg akan digunakan, configurasi LAN akan dibahas pada artikel tersendiri
Configurasi LAN
13. Configurasi lokasi dan zona waktu  (arahkan mouse ke arah peta indonesia)
Configurasi lokasi dan zona waktu
14. Input password untuk root
Password untuk root

15. Software atau aplikasi yang akan digunakan, pada option ini kita bisa memilih aplikasi apa saja yang ingin kita install , atau click next untuk membiarkan system melakukan instalassi secara default.
Seleksi aplikasi yang akan diinstall
16. Proses instalasi akan segera di mulai, click star
Start untuk memulai proses instalasi
17. Progress instalasi
Progres Instalassi
18.  Proses instalasi telah selesai, click reboot untuk merestart komputer dan melakukan configurasi ulang
Proses instalasi selesai
Proses instalasi selesai
19. Setelah komputer di restart, kita akan di minta untuk mengkonfigurasi ulang settingan firewall, yang di allow / diijinkan untuk mengakses komputer kita adalah, service www,ftp,ssh
Configurasi Firewall
20. Langkah berikutnya adalah konfigurasi SELinux, untuk sekarang di disable saja, konfigurasi SELinux akan dibahas di artikel tersendiri
Configurasi SeLinux
21. Konfigurasi tanggal dan waktu
22. Langkah terakhir adalah configurasi user yang akan digunakan dalam Centos 5.5 ini, setelah ini kita kan diminta untuk merestart sekali lagi komputer.
Configurasi User
23. Tampilan Centos 5.5 yang telah terinstall
Centos Telah Terinstall
oke selesai gambar diatas adalah tampilan bahwa linux centos anda telah terinstal.semoga bermanfaat....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mengistalasi windows server 2003

untuk ulasan kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara mengistalasi windows server 2003. untuk windows 2003 ini merupakan versi sist...